Kamis, 06 Oktober 2011

Interview with Edy Kopi Tanpa Susu, Sosok di balik kesuksesan Uya Kuya

Semakin bannyaknya acara sulap yang mulai tumbuh di Indonesia semakin banyak pula bermunculan pesulap pesulap baru, salah satu acara sulap yang sedang naik daun adalah uya emng kuya yang diisi oleh Uya kuya sebagai aktor utamanya, tapi siapa sangka karir sulap Uya Kuya ternyata didukung oleh orang orang disekitarnya, salah satunya adalah komedian Edy Kopi Tanpa Susu, siapa sangka bang Edy Kopi ini adalah seorng magician? berikut adalah ulasan wawancara themagicpost dengan beliau :

    
 
Apa kabar mas Edy? Boleh tau ga aktivitas lain di luar shooting?
alhamdulillah sehat, biasa aja, di luar syuting ya masih ngamen kesana-sini, MC,SULAP,JUALAN ALAT SULAP,njipak alat2 ILUSI(Hahahaha), nyiapin materi syuting buat neks episode, SESEKALI NULIS,NONGKRONG DI TEATER JALANAN, DAN.....NGOPI sambil ngliatin besi-besi tua,

Boleh sedikit cerita Bagaimana awal ketertarikan anda di dunia magic, dan dari mana anda belajar?
mungkin 2004-angurunya Sang Maestro DUI MONTERO. Beliau yang membukakan mata saya, betapa sulap adalah suatu seni yang sangat kompleks, yang memuat semua unsur kesenian globlal, dari teater, koreo, psikologi, komedi, sastra, dan kultur yang dikemas dalam sebuah karya yang sangat indah dan mengagumkan.
Siapakah figur-figur yang paling menginspirasi anda dalam karir di dunia magic? Aliran sulap apakah yang paling anda tekuni hingga saat ini dan prestasi apa aja yang SUDAH dan INGIN diraih sebagai seorng magician?
saya suka gaya rudy coby, illusionist nyentrik yang menginspirasi model rambut saya,dulu,,,hehe, sebelum dunia mode rambut cowo demam jambul kayak sekarang. saya mengagumi rutin2 tematik yang lahir dari pesulap2 eropa, saya terpesona dengan skill fullspeed pesulap2 asia, saya suka gaya Michael finney, Darrent Brown,Robert Strong, Roy Charles, Gregogy Wilson, Mathtew Garrett,Stephane Vanel, Buka,...saya ingin pelajari filosofinya dan bagaimana mereka berproses mencapainya.
Anda mulai terkenal setelah muncul di acaranya Mas Uya Kuya, kalo boleh tau gmana ceritanya mas Edy bisa bekerja sama dengan mas Uya untuk Membuat acara Sulap (Uya emng kuya) ?
Sulap dan kompetisi mempertemukan saya dengan banyak pesulap, kebetulankami punya konsep yang serupa. akhirnya ide itu teraplikasi dalam sebuah program tayangan televisi, alhamdulillah..

Adakah tips yang anda berikan untuk teman-teman yang baru mendalami dunia sulap, agar bisa mengatasi rasa grogi dan bisa sukses seperti anda?
Nervous?? itu manusiawi. justru positif. Dengan begitu kita termotivasi untuk berlatih dan menguasai materi secara maksimal dan menekan kesalahan sekecil mungkin, DISITULAH KEPERCAYAAN DIRI AKAN TIMBUL. BUKAN DARI TRICKNYA , TAPI BAGAIMANA KITA MENGEMAS DAN MEMBAWAKANYA. Selebihnya jam terbang yang bicara...
Bagaimana menurut anda prospek perkembangan dunia sulap di Indonesia ?
Dunia Sulap kita belum dewasa secara umum, sedang mencari-cari jati diri, mudah-mudahan kedepannya semakin lebih baik. Saat ini opini publik tentang sulap masih macem-macem, masih rancu, antara sulap, debus, dukun, masih belum jelas batasan-batasanya. karena itu tolonglah, jangan ada lagi pesulap yang bicaranya sok dukun. Kalau mau jadi pesulap jadilah pesulap, belajar sulap, trick, skill, tehnik, perform, market, berangkat ke entertaint yang sehat, berangkat ke kompetisi sulap internasional.
Saya kira masyarakat kita jauh lebih konsumtif dari pada masyarakat barat sana. Jika kita , pesulap, lebih touching ke masyarakat dengan ke absahan seni sulap, maka saya yakin, masa depan sulap kita lambat laun seperti negara-negara lain. Kafe, Hotel, semuan membukakan pintu untuk para pesulap.
Banyak teman-teman yang mengalami kesulitan membagi waktu antara magic dan aktivitas lain. Nah, bagaimana cara anda mengatasi hal ini?
Itu alasan orang-orang yang kalah, terlalu bertele-tele dengan banyak schedule, tapi nol besar dalam penerapan kedisiplinan pribadi.Untuk mencapai sesuatu, butuh suatu kearifan lokal memang. kita punya waktu yang sama, 24 JAM SEHARI...!
Tinggal siapa bisa membagi secara arif, mana hal-hal yang harus dikorbankan dan mana hal-hal yang harus tetap dijalankan... ada kemauan ada jalan...!!

Kalo boleh tau aliran sulap apa yg anda dalami dan apa Trik favorit anda?
Saya tidak berani mengklaim diri saya sendiri, saya pelajari apa saja yang ingin saya ketahui, dan saya lakukan trck apa saja yang sekiranya saya mampu, samapai saya memahami filosofinya.
Menurut pendapat anda seberapa pentingkah peran gimmick bagi seorng magician?
GIMMIK dimata saya adalah suatu hasil dari suatu proses pencapaian dan pemikiran yang sangat panjang. ada pernah menciptakan gimmick originalitas anda?? saya sangat ingin, meskipun cuma satu....

Pengalaman Suka duka jadi pesulap dan Ada gak pengalaman lucu ketika anda beraksi ?
Semuanya lucu, pernah habis show trus EO-nya kabur nggak bayar. lucu toh?? hehehe
 
Kalo boleh tahu duluan siapa yg belajar sulap, anda atau mas Uya kuya? ato jangan2 mas Uya belajar dari anda? he
Hahahahahaha....ini pertanyaan menjebak. Saya menolak memberi jawaban.
Tapi saya punya sedikit catatan, siapa yang duluan itu nggak penting, tapi siapa yang mampu menyerap dan menyimpan lebih banyak , itu yang penting. Saya adalah murid dari emua orang, karna saya belajar dari siapapun, baik langsung maupun tidak langsung, dan saya merasa bukan guru dari siapapun, karena setiap orang menentukan pilihanya sendiri-sendiri.
Beliau ( UYA ) adalah seorang entertaintner yang jeli melihat pasar industri hiburan. jadi, anggap saja beliau pabriknya, saya pemasok bahan baku. setuju??



Dengan kesuksesan yang sudah anda dapatkan kan sekrng ,bagaimana Rencana anda ke depan nya?
Begini, saya sangat bangga di pertemukan dengan banyak seninam sulap hebat indonesia, saya masih ingin terus berkarya dan berkarya, sekecil apapun peran dan kontribusi saya di dunia sulap indonesia.

Best Contestant of Mentalist at Indonesian Magic Competition 2007 & Most Favourite Magician at Indonesian Magic Extravaganza 2008.Bisa sedikit cerita ga tentang penghargaan yg anda dapatkan ini?luar biasa.
Begini, saya sangat bangga di pertemukan dengan banyak seninam sulap hebat indonesia, saya masih ingin terus berkarya dan berkarya, sekecil apapun peran dan kontribusi saya di dunia sulap indonesia.

12 komentar:

Mantrabbbb...
Sukses Selalu Mas edi

low profile but amazing skill

@reza,@wong; thankz bro. saya hanya bagian kecil dari peta sulap indonesia yang akbar. sukses buat semua sahabat. edykopi

Mas edi aslinya orang mana

"Keep talking...and walking...:)
Ambilah filosofi dari sebuah lilin..."

"Keep talking...and walking...:)"

tiada hari tanpa misteri ..dan adalah misteri pula saat seorang wong ndeso ketemu dg seorang edi copy yg sesuatu...remember of ayam ayam krganyar

piye kabare masee dui montero..

Low profile....aku suka.. Hihi

Low profile....aku suka.. Hihi

Posting Komentar

tulis komentarnya yah...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites