Minggu, 15 Januari 2012

Michael Wong, The Modern Classic Magician

 

Siapa sangka seni sulap masuk ke negeri kita sejak tahun 1950, namun karena terbatasnya media publikasi dimasa itu maka belum begitu terkenal dan belum begitu heboh dimasa itu. Pada tahun tersebut isunya seni sulap dibawa oleh saudagar tionghoa yg menggunakan trik sulap dalam berdagang di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu seni sulap pun berkembang seiring berkembangnya pula media publikasi di Indonesia. mulai bermunculan pesulap2 lokal pada masa itu seperti almarhum mr. robin, adri manan, dui montero dan deddy corbuzier. Dan aliran sulap yg paling tua adalah classic magic, pada zaman maju seperti sekarng ini ternyata masih ada magician muda berbakat indonesia yg masih mendalami dan melestarikan seni sulap classic tersebut pastinya dengan gaya tersendiri yang disesuaikan dengan perkembangan zaman sekarng, kalau jaman dulu sulap klasik identik dengan konstum jubah panjang bertopi besar dan serba formal, namun pesulap yg satu ini mampu menampilan hal yang jauh berbeda, dengan gaya yang lebih trendi dan modern.  Bagaimana kiprah kariernya di tanah air, berikut sepenggal interview bersama beliau, Michael Wong :

Selamat siang kak Michael Wong, gimana kabar nya? apa Kesibukan saat ini selepas acara the master season 2?
Baik :):) selepas acara the master sekarangg aku lebih banyak isi acara off air seperti acara sweet 17, gathering, sama wedding. And sekarang aku lagi sibuk roadshow juga dgn acer pazia.

Luar biasa sekali saya bisa mendengerkan cerita langsung dari anda,boleh diceritakan bagaimana awal ketertarikan anda di dunia magic, dan dari mana anda mulai belajar? apakah anda sempat belajar ke luar negeri?
Kalau ketertarikkan di dunia sulap sudah dari SD dan waktu itu karena melihat pesulap di dpn sekolah hahaha. Tapi pengembangannya baru dimulai waktu SMA. Saya sempat belajar sulap di luar negeri tepatnya di Thailand dengan Mr. Mamada.

Siapakah figur-figur yang paling menginspirasi anda dalam karir di dunia magic?
Jeff McBride, Lance Buruton, Tito Kris

Bagaimana proses anda bisa tampil dan menjadi kandidat the master waktu itu? Adakah cerita menarik dibalik itu semua?
Kebetulan dari komunitas magician ada yang ajak saya untuk ikut the master and saya akhirnya mau untuk ikut program tsb setelah pihak TV juga mengajak saya :):)
Untuk cerita menarik sih yaa asik aja dapat kesempatan main diacara sulap yang waktu lagi digemari banget untuk ditonton. Meski hanya hingga 8 besarnya saja tetep menarik kok.

Adakah tips khusus ga untuk teman-teman yang baru mendalami dunia sulap, agar bisa sukses seperti kak Michael Wong?
Tips dari saya jangan pernah bosan untuk belajar and berlatih karena practice make perfect. Selain itu jangan pula merasa diri sudah "hebat" karena agar tetap berkembang dari masa ke masa kita harus terus mau belajar. Terakhir jangan pelit ilmu dengan orang lain juga agar sulap juga dapat makin berkembang di mana-mana.

Bagaimana menurut anda prospek perkembangan dunia sulap di Indonesia ?
Kalau untuk sekarang saya cukup senang dgn perkembangan yg ada karena anak muda sekarangg lebih kreatif dibanding beberapa tahun lalu. Mungkin ini jg karena mereka memiliki akses informasi mengenai magic dari media seperti internet dll. Tp harus diingat jgn sampai hal2 itu malah jerumusin contohnya jadi terlalu banyak menggunakan rutin yg dipake pesulap2 luar, mencotek permainan scr persis, gitu2..


Prestasi apa yang TELAH didapatkan maupun yg INGIN kakak dapatkan di dunia magic selanjutnya?
Prestasi yang telah didapatkan:
Juara 2 national magic competition 2008
4 besar natioal magic competition 2007
8 besar the master session 2
Kalo ada kesempatan saya memiliki keinginan untuk menimba ilmu di academy magic (Dong-A college) di Korea

Adakah pengalaman lucu saat anda perform dan apa rencana anda kedepan?
Pengalaman lucu ada, saat main diulang tahun anak-anak. Waktu itu lagi main card manipulation, nah setiap kartu yg udah jatuh, dipungutin lagi sama anak-anak yang nonton and mereka balikkin kartu itu ke saya saat saya masih bermain. Jadinya kartunya gak abis-abis deh hahaha..
Rencana ke depan sih simple aja, masih pengen bisa berkarir di dunia entertainment terutama dibidang sulap.

Apakah yang harus dilakukan seorang pesulap apabila terjadi kegagalan dalam permainan sulapnya menurut seornag Michael Wong?
Setiap trick yang direncanakan harus disertai plan B in case trick tersebut gagal

Di acara the master sendiri banyak magician yg menamai mereka dengan fakir magician, close up magician,funcky magician,dan lain sebagainya. Apakah anda juga memiliki julukan tersendiri untuk diri anda?
Gak ada sih, paling yaa classic magician aja :):)
Demikian lah sepenggal hasil interview dengan salah satu pesulap klasik berbakat Indonesia, mungkin lebih tepatnya dia bisa disebut sebagai "Pesulap Klasik Modern" , karena dia bisa mengemas seni sulap klasik menjadi lebih modern dan tetap manarik walaupun sulap klasik adalah aliran sulap tertua yg ada di muka bumi, bravo buat Michael Wong. Satu kalimat yang bisa saya ambil dari hasil interview ini "jangan merasa malu atas segala sesuatu yang bersifat tua, karna bila bisa dikembangkan lebih baik maka hal itu kan menjadi baru dan membanggakan".

1 komentar:

Posting Komentar

tulis komentarnya yah...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites