Minggu, 14 Agustus 2011

Interview with Elisabeth Jeva, The Lady Hipnotism

 
Hipnotis adalah suatu kemampuan spesial yang dimiliki sesorang untuk mengeksplor alam bawah sadar seseorang, dan kemampuan ini tidak semua orang memilkinya karena perlu ketekunan serta kesabaran untuk mempelajarinya. Tapi siapa sangka ternyata ada sosok wanita cantik yang memiliki kemampuan hipnotis tersebut, dia adalah Elisabeth Jeva, kontestan the master asal Palembang ini memiliki kemampuan hipnotis seperti Master Romy Rafael. Metode hipnotisnya dinamakan ”Kiss of Death”, tim the magic post berhasil melakukan interview via fb dan berikut kutipan nya ;

1. Gmana kabar nya kak, apa kesibukan saat ini selepas acara The Master?
kabarnya baek. Kesibukan setelah The Master masih tetep show off air, kadang2 jd tampil di layar TV. Disamping itu juga saya punya usaha kecil2an bersama tmn2saya ( bocoran sedikit skalian promo, usaha dibidang jasa Event Organizer) :) :) 
2. Boleh sedikit cerita Bagaimana awal ketertarikan anda di dunia hipnotis, mengapa anda lebih memilih mendalami hipnostis dan dari mana anda mulai belajar? Apakah sempat berguru ke luar negeri?
Saya tertarik belajar hipnotis karena waktu itu saya kuliah jurusan psikologi di Bandung, kebetulan ada tmn saya yg mengajak saya untuk mengikuti Workshop Hypnotherapy. Note: Hipnoterapi dan psikologi merupakan ilmu yg saling berhubungan. Awalnya saya seperti masyarakat awam lainnya yg menganggap bahwa hipnotis itu merupakan suatu aliran sesat. Namun setelah mendapat penjelasan bahwa hipnotis yg saya pelajari ini adalah murni Science maka saya pun tertarik untuk belajar hipnotis. Oleh karena itu saya pun sudah mendapat gelar sebagai seorang hipnoterapis.
 
3. Siapakah figur-figur yang paling menginspirasi anda dalam karir di dunia magic khususnya hipnotism? 
Tokoh yg saya kagumi tentunya Master Romy Rafael karena beliau orang pertama di Indonesia yg kita ketahui punya keahlian hipnotis yg hebat, meskipun sebenarnya banyak juga orang lain yang mempunyai keahlian hipnotis (yg tidak diekspos) yg tidak kalah hebat. Dari luar negri saya sangat suka dengan Luke Jermay & Derren Brown.
4. Bagaimana proses anda bisa tampil di acara The Master? Adakah cerita menarik saat anda menjadi kontestan The Master?
Awal saya mengikuti acara The Master merupakan suatu ketidaksengajaan. Waktu itu saya tidak tahu kalau ada audisi The Master untuk season 3 di Bandung, kemudian Duo Robin (The Master Season 2) mengajak saya untuk ikut audisi. Karena berpikir untuk iseng2 maka saya pun ikut audisi, dan syukurlah ternyata saya bs lolos dan menjadi kandidat The Master season 4. Selama menjadi kandidat The Master banyak sekali suka duka yg kita alami. Waktu itu (karena suatu dan lain hal) sehari sebelum live permainan saya harus diganti, padahal biasanya sehari sebelum live semua properti, script dll sudah siap. Alhasil rasa panik yg luar biasa harus saya hadapi, tapi berkat bantuan & dukungan team The Master & kandidat lain saya bisa melewatinya.
 
5. Adakah tips yang anda berikan untuk teman-teman yang baru mendalami dunia sulap khususnya hipnotism, agar bisa sukses seperti anda?
Wah kalau dibilang sukses, masih ada yg lebih sukses dari saya :):) tapi kalau teman2 mau mendalami ilmu hipnotis sebaiknya belajar jangan setengah2, karena magic merupakan seni yg sangat menarik untuk didalami, rasakan kepuasaannya disaat anda berhasil mempertunjukkan sulap yg anda pelajari. Teman2 dapat belajar dari teman2 yg sudah senior, kalau teman2 tidak tahu harus belajar dimana, ada baiknya bergabung dengan komunitas magic yg ada di kota kalian.

6 . Bagaimana menurut anda prospek perkembangan dunia sulap khusunya hipnotism di Indonesia ?
Perkembangan sulap di Indonesia berkembang sangat pesat, termasuk hipnotis. Saya banyak menemui remaja bahkan anak2 yg mau belajar hipnotis, artinya selain sulap dengan aliran mentalist, klasik, ilusi dll, ternyata hipnotis juga banyak diminati. Saya juga banyak menemui teman2 yg mempelajari hipnotis ketika saya kebetulan ada show di luar kota, keuntungannya kita bs saling berbagi pengalaman, sehingga kita bs menghibur orang dengan lebih baik lagi.

7. Sebagai seorng praktisi hipnotism , seberapa besarkah pengaruh alam bawah sadar terhadap hehidupan seseorng dan bagaimana cara nya biar bisa memaksimalkan kemampuan alam bawah sadar seseorng?
Hipnotis merupakan ilmu yang sangat berhubungan dengan alam bawah sadar. Menurut Freud, pikiran manusia itu seperti bongkahan gunung es, yg muncul ke permukaan adalah alam sadar, sisanya alam bawah sadar kita. untuk lebih jelasnya pengaruh alam bawah sadar kita terhadap kehidupan, saya akan memberikan contohnya: ada tipe orang yang kalau marah tidak diungkapkan, tapi justru dipendam, dalam ilmu psikologi dinamakan repress, artinya rasa marah yg dipendam akan masuk ke alam bawah sadar kita, dan apabila sudah mencapai puncaknya maka kemarahan itu akan 'meledak' muncul ke permukaan. Pasti teman2 pernah melihat atau mendengar ada orang yg jarang atau bahkan tidak pernah marah ketika dia marah maka akan meledak sangat luar biasa. Maka tidak heran kalau ada orang pendiam yg tiba2 marah bs sampai membunuh orang.
Pada contoh orang dengan tipe diatas, maka dengan hipnotis kita bs membantu dengan menggunakan salah satu teknik hipnoterapi agar mrk bs menyalurkan emosi mrk, dan melatih mrk agar bs mengeluarkan emosi pada situasi dan kondisi yg sepatutnya.
8. Masih banyak hal-hal tabu tentang hipnostis, dan masih banyak orng yang menyamakan gendam dengan hipnotism modern, bagai mana anda menyingkapi hal tersebut, dan apakah anda bisa menjelaskan perbedaan antara gendam dengan hipnostis modern?
Kalau masalah tabu tidaknya ilmu hipnotis, sepintas telah saya ungkapkan diatas, bahwa pada awalnya saya pun bingung apakah hipnotis merupakan black magic atau bukan. Tapi ilmu hipnotis yg saya pelajari ini merupakan MURNI SCIENCE, artinya dapat dijelaskan secara logis.
Sebenarnya saya juga tidak begitu yakin, namun dari buku yg saya baca, hipnotis modern yg sekarang banyak dipelajari orang merupakan ilmu yg dipelajari secara science, jadi memang ada alasan logis kenapa dengan sugesti kita bs memasuki alam bawah sadar manusia, bagaimana dengan hipnotis kita bs merubah perilaku seseorang. Bahkan hipnotis telah banyak digunakan ilmuan kita khususnya dibidang pikologi dan kedokteran.

9. Apakah semua orng bisa belajar hipnotis atau ada syarat khusus buat seseorng yang pengen belajar hipnotis? 
Semua orang bs belajar hipnotis dengan syarat mrk harus belajar sungguh2 karena pikiran manusia itu sangat kompleks, karena tidak semua orang bs dihipnotis dengan cara / teknik yg sama (ingat ada manusia yg tipenya visual dan audio). kalau teman2 belajar setengah2 maka kalian tidak bs menguasai ilmu hipnotis secara utuh. oh iya tips buat teman2 yg mau belajar hipnotis, tmn2 harus cermat dalam memilih pelatihan hipnotis yg ditawarkan, karena saat ini banyak sekali yg menawarkan pelatihan hipnotis dari harga murah sampai mahal. Sebenarnya bukan harganya yg dipermasalahkan, tapi seberapa akurat atau lengkap teori & praktek yg diberikan saat pelatihan. Percayalah kalian akan merasa puas dan bangga ketika kalian berhasil menghipnotis seseorang, apalagi kalau kalian menggunakan hipnotis tersebut untuk membantu orang lain.
10. Ada gak pengalaman lucu ketika anda beraksi ? 
hhmm sebenarnya bukan pengalaman lucu, tapi merupakan pengalaman yg berharga buat saya, bahkan sampai saat ini saya masih ingat dengan jelas. Waktu saya tampil di acara The Master, saya pernah menghipnotis seseorang tapi ada faktor yg saya lupakan, yaitu faktor tempat, sehingga orang tersebut jatuh dan langsung tertidur di lantai. Maka setelah tampil saya mendapat komentar yg keras dari Master Deddy Corbuzier, karena bs saja orang tersebut terluka (untungnya sih orang itu tidak terluka). Sejak itu saya sangat memperhatikan hal2 kecil setiap saya akan tampil.

11. Menurut kakak apa sich Sebenarnya kegunaan belajar hipnotism? dan apakah kakak pernah mengunakan kemampuan hipnotis kakak untuk mempengaruhi sesorng di kehidupan sehari-hari?
Woww hipnotis itu merupakan ilmu yg sangat menarik untuk dipelajari. Dengan hipnotis kita bs memberikan kontribusi positif untuk kehidupan diri sendiri maupun orang lain, misalnya dengan hipnotis kita bs melakukan terapi untuk membantu menyelesaikan masalah psikologis seseorang (trauma, phobia, weight loss, quit smoking, narkoba, psikosomatis dll). Bahkan hipnotis juga bs digunakan untuk bidang kedokteran (membantu persalinan, anestesi), pendidikan, kriminal dll. Jadi buat teman2 yg mau / sudah mempelajari ilmu hipnotis, gunakanlah ilmu hipnotis anda untuk membantu orang lain, bukan malah berdampak negatif untuk orang lain.

12. Rencana kakak ke depan?
Rencana ke depan, saya tetap akan menggunakan hipnotis untuk membantu orang lain, dan melanjutkan usaha kecil2an saya (Sebenarnya apa saja kegiatannya asalkan bs berguna dan menjadi berkat buat orang lain). Mohon doanya dari teman2 semua agar apa yg saya kerjakan bs bermanfaat buat orang banyak. Amin.
Terimakasih atas kesempatannya, semoga bs bermanfaat :):)



0 komentar:

Posting Komentar

tulis komentarnya yah...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites