Minggu, 14 Agustus 2011

Interview with Faro, The Cardician

Dunia sulap adalah sesuatu yang penuhu dengan misteri dan keajaiban, banyak hal bisa terjadi walaupun hal tersebut tidak bisa diterima oleh akal pikiran manusia. Benda apapun apabila sudah dipegang oleh seorang pesulap akan menjadi objek hiburan yang sanagat menarik dan mengagumkan, benda yang biasa digunakan oleh seorang pesulap adalah kartu, satu deck kartu yang biasa digunakan untuk permainan poker bisa digunakan untuk menjadi objek permainan sulap para pesulap dan ini memberikan pandangan baru bahwa katrtu bahwa kartu bukan hanya digunakan untuk berjudi pada umumnya tetapi kartu juga bisa digunakan menjadi sarana hiburan oleh para pesulap, dan salah satu pesulap berbakat Indonesia yang mahir mengolah kartu dalam permainan sulapnya adalah Faro , seorang pesulap spesialis kartu yang disebut The Cardician. Pada suatu kesempatan tim ThemagicPost berhasil melakukan interview via FB dan berikut adalah kutipannya ;

1. Selamat sore kak Faro, apa kabar? Udah lama ga nongol di TV trus apa kesibukan saat ini?
Sekarang kesibukannya adalah mengelola usaha makanan kecil-kecilan, mengurusi Social Media salah satu Hotel di Bali dan tentu saja perform sulap. Kalau untuk udah lama nggak nongol di TV, memang udah nggak bikin acara lagi, tapi sekarang kita dari Trilogy Magic sedang menggarap proyek baru Backpacker Magic Asia Di ANTV. Sudah tayang looh… :)

2. Bagaimana awal ketertarikan anda di dunia magic, dan dari mana anda mulai belajar?apakah anda sempat belajar keluar negeri?

Kalau ketertarikan sih sudah dari kecil. Waktu itu yang memberikan saya inspirasi adalah Mr Robin. Saat saya kecil dulu hanya ada satu siaran TV yaitu TVRI dan kebetulan saat itu ada Mr Robin memainkan sebuah permainan Cups and Balls, dari situ saya langsung ingin belajar dan lama kelamaan jatuh cinta sama dunia sulap. Kalau belajar keluar negeri pernah, tapi lebih banyak saya belajar di Indonesia. Lagipula pesulap-pesulap Indonesia banyak yang bagus-bagus kok, nggak kalah sama di luar.
3. Siapakah figur-figur yang paling menginspirasi anda dalam karir di dunia magic?
Ya itu tadi Mr. Robin sebagai inspirator saya waktu masih kecil. Dan walaupun sekarang banyak bermunculan pesulap-pesulap modern, saya tetap nge fans sama David Copperfield.

4. Anda adalah seorang cardician, mengapa anda lebih memilih mendalami aliran tersebut ? dan apa trick favorit anda?

Sebenarnya nggak juga sih ya, saya banyak juga melakukan sulap selain dari sulap kartu, justru gelar cardician itu bukan saya yang memilih, tapi teman-teman saya yang menganugerahkan gelar tersebut. Jujur untuk pertanyaan trik favorit, saya agak bingung jawabnya, tapi kalau boleh memilih, trick favorit saya adalah Any Card at Any Number.

5. Adakah tips khusus ga untuk teman-teman yang baru mendalami dunia sulap, agar bisa sukses seperti kak Faro?

Ada dong. Menurut saya kuncinya hanya 1, yaitu FOKUS! hehehe, singkat tepat dan padat yah :))
Tapi percaya atau tidak, apa yang saya bisa capai selama ini sebagian besar karena saya fokus dalam pekerjaan saya.
6. Bagaimana menurut anda prospek perkembangan dunia sulap di Indonesia ?
Menurut saya perkembangan dunia sulap di Indonesia sudah cukup bagus. dan kalau di tanya prospeknya, jawaban saya adalah cukup cerah… hahahaha...

7. Prestasi apa yang TELAH didapatkan maupun yg INGIN kakak dapatkan di dunia magic selanjutnya?

Untuk prestasi, saya merasa apa yang saya telah lakukan ini masih belum seberapa dibandingkan dengan pesulap-pesulap yang tampil di dunia Internasional. Dan saya punya cita-cita nggak terlalu muluk kok, hanya ingin diakui sebagai pesulap yang kompeten di dunia internasional… hahaha berat juga yah :D

8. Rencana kedepan?

Rencana kedepan, saya dan teman-teman dari Trilogy masih fokus dalam Backpacker Magic Asia, kedepannya kita mau buat Backpacker Magic Eropa.

9. Bisa ga Kak Faro ceritakan kisah perjalanan karir sulap mulai dari awal mula kenal dan mulai belajar sulap,kemudian berguru dengan siapa, hingga akhirnya bisa mendirikan trilogy managemen seperti sekarang? biar jadi kisah inspiratif buat temen2 magician yang lain.
Seperti tadi saya ceritakan, saya terinspirasi dari Mr. Robin. Dan dari situ saya banyak berguru sama pesulap-pesulap yang lain seperti Pak Alex, Om Iwan, Pak Fergus, Ketvi, Deddy, Jeff Mcbride, dan masih banyak orang-orang lainnya yang saya pelajari ilmunya. Dan percaya atau tidak, saya mengawali karir saya sebagai penjaga toko sulap, kalo nggak percaya tanya deh sama Om Iwan dan Pak Fergus, hahahaha. Jadi menurut saya, apapun cita-cita kita, darimanapun kita memulainya asalkan kita fokus dalam menjalankannya, pasti akan berhasil.

10. Menurut kakak seberapa pentingkah peran gimmick buat seorng pesulap?

Hmmm,, ini pertanyaan gampang-gampang susah yah. Menurut saya sih gimmick itu nggak penting yah, bahkan alat sulap juga nggak terlalu penting, karena menurut saya yang terpenting adalah pesulapnya sendiri. Karena percuma saja apabila seorang pesulap memiliki gimmick yang bagus dan alat-alat sulap yang mahal, tetapi pribadi atau karakter pesulapnya malah buruk. Jadi inti jawabannya adalah, gimmick itu nggak penting.

0 komentar:

Posting Komentar

tulis komentarnya yah...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites