Sabtu, 26 November 2011

Interview with Robert Stevan, Duo Mentalism

Kebanyakan magician tampil secara individu untuk identitas dirinya, tapi siapa sangka ternyata tampil dengan format duo atau duet juga bisa membuat magician mencapai puncak kepopuleran, contohnya saja adalah duet Indra Romero dan Robert Steven di acara The Master RCTI. Mereka berdua berani memberi warna baru dunia sulap tanah air dengan tampil secara duet diajang sebesar The Master. Ini menunjukan bahwa setiap magician bisa bekerjasa untuk menghasilkan karya yang spektakuer dan tidak perlu ada persingan yang tidak sehat seperti di film The Prestige. Beberapa waktu lalu TheMagicPost sempat melakukan wawancara dengan salah satu pasangan duet yaitu dengan Robert Steven, mentalist berbakat ini tak segan berbagi cerita dan kisah nya, berikut hasil wawancaranya ;

Apa kabar nya kak Robert? apa kesibukan anda saat ini selepas acara the master?
kabar baik dong. kegiatan sih bermacam2. selain dunia magic, saya juga mendalami usaha fotografi dan kuliner.

Sudah berapa lama ni anda mengenal sulap, Bagaimana awal ketertarikan anda di dunia magic, dan dari mana anda mulai belajar?
saya mulai mengenal dunia magic secara lebih serius ketika pertama kali mendatangi sebuah toko sulap di bandung pada bulan oktober 2007. Sejak itu, saya jadi tertarik untuk mempelajarinya. Bulan Mei 2008 saya mengikuti sebuah lecture mentalism di bandung oleh Deddy Corbuzier. Sejak itulah saya semakin mencintai dunia ini dan bertekad semakin mendalaminya.
Pertama kali saya mempertunjukkan seni mentalism /magic di panggung, di hadapan umum adalah di bulan Oktober 2008
Dan di Januari 2009 saya mengikuti audisi The Master.
Di The Master inilah saya juga semakin banyak menimba ilmu magic and mentalism.
Siapakah figur yang paling menginspirasi anda dalam karir sulap anda?
ada beberapa sosok yang menginspirasi saya. Kalau dari dalam negeri, tentu saja Deddy Corbuzier. Beliaulah yang selalu tekun dalam memajukan seni ini di Indonesia.. Sedangkan dari luar negeri ada beberapa orang, karena seni ini sudah lebih maju dibandingkan di Indonesia. Salah satunya adalah seorang Corporate Mentalist bernama Chuck Hickok
Mengapa anda lebih mendalami pertunjukaan sulap seperti membaca pikiran dibanding sulap lain? dan boleh tau trik favorit anda?
Mengapa saya lebih mendalami aliran 'membaca pikiran' atau mentalism? karena di aliran ini, penonton mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi bukan hanya sebagai penonton saja. Selain itu, 'tema' kekuatan pikiran cocok dengan karakter saya.
Kalo boleh tau, mengapa anda tampil dengan format duo bersama kak indra dalam acara the master? bisa sedikit ceritakan ga bagaimana duet anda tersebut bisa terbentuk?
awal perkenalan adalah di lecture DC pada Mei 2008 tersebut. memakai format duo adalah untuk membedakan dengan performer lainnya. untuk sebuah acara kompetisi dan/ acara TV, dibutuhkan sesuatu yang berbeda, sehingga akhirnya kita membentuk duo.

Bagaimana menurut anda prospek perkembangan dunia sulap di Indonesia dan adakah pengalaman lucu atau menarik saat sedang peform? ?
prospek sepertinya cukup bagus sejak acara The Master, tapi tetap harus 'berhati-hati'. karena acara The Master juga menjadikan banyak bermunculan pesulap yang kurang serius.
Pengalaman menarik ya pasti ada. setiap pertunjukkan yang saya bawakan pasti ada hal yang baru. 8)8)
Prestasi apa yang TELAH didapatkan atau yg INGIN anda dapatkan di dunia magic dan apa rencana anda kedepan?
Bisa menjadi bagian dari acara The Master adalah sebuah pencapaian yang tidak biasa buat saya. Saya adalah peserta 'tertua' dengan pengalaman 'termuda' dibandingkan para peserta lainnya.
Rencananya menjadi seorang entertainer yang semakin handal.

Bisa kasih sedikit tips buat menghilangkan rasa grogi dan meningkatkan rasa percaya diri saat perform didepan orang banyak?
Tentu saja banyak berlatih dan terus menambah jam terbang. Grogi adalah sebuah hal yang biasa, yang menjadikan kita semakin mempersiapkan diri sebaik mungkin. Absennya rasa grogi ketika akan tampil di panggung, bisa jadi sebuah hal yang tidak baik. 
Menurut anda tahapan apa saja yg harus dilewati oleh sesorng bila ingin jadi seorng pesulap handal?
Belajar, belajar dan belajar. Bakat itu hanya sekian persen dari prestasi seseorang.
Kemudian latih dan terus menambah jam terbang. untuk dunia entertainment seperti magic, jam terbang itu sangat penting artinya.
Dalam proses belajar sulap pasti kan setiap pesulap hampir pernah mengalamai putus asa dalam belajar sulap, mungkin karena trik yg dipelajari terlalu sulit atau hal lainnya, nah apa yg memotifasi anda hingga bisa terus bertahan dalam dunia sulap dan bagamana carany melewati fase hampir putus asa tersebut?
perlu dicari dulu motif mempelajari magic atau sebuah trik. kalau motif-nya baik, seharusnya segala rintangan bisa dilalui. 8)8)
Berada dalam lingkungan yang tepat pun bisa sangat membantu motivasi kita.

2 komentar:

keep magic bro, sukses terus tuisannya...

JANGAN LUPA KUNJUNGI WWW,MUZAYINN.BLOGSPOT.COM

Posting Komentar

tulis komentarnya yah...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites