Rabu, 25 Agustus 2010

Aturan Sugesti

Sugesti merupakan bagian inti atau tujuan dilakukannya proseshypnosis, yaitu memberi saran positif kepada alam bawah sadar agar bisalangsung diterima dan memberi manfaat kepada klien. Bagian yang sangatpenting ini juga mempunyai beberapa aturan yang harus dipenuhi agar diperoleh hasil yang aksimal. Kesalahan dalam pemilihan kalimat sugesti bisa merugikan klien dan sebaliknya pemilihan kalimat sugesti yang tepat memberikan hasil yang maksimal. Karena tanpa kritikan, maka sugesti yang diberikan dalam trance mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi klien sepuluh kali lebih kuat daripada sugesti yang diberikan saat klien dalam kesadaran normal.Karena hypnosis merupakan bentuk teknik komunikasi maka bahasa memegang peranan yang sangat penting, Selain itu bahasa yang digunakan dalam proses hypnosis harus memenuhi criteria ini :

1. Singkat & Jelas
2. Mudah dipahami
3. Disesuaikan tingkat intelektualitas klien

Setiap klien mempunyai tingkat pemahaman kalimat yang berbeda sehingga hypnotist harus bisa membuat sugesti sesederhana mungkin untuk klien.

ARTI TUNGGAL
Pikiran bawah sadar menerima informasi apapun dalam bentuk mentah dan tidak dijabarkan lagi sehingga penggunaan kalimat sugesti sebaiknya :

+ Hanya memiliki satu arti
+ Hindari penggunaan kiasan

KALIMAT AKTIF
Pikiran bawah sadar menerima semua informasi apapun yang masuk kedalamnya tetapi hanya kalimat aktif yang bisa diterima dan dijalankan oleh pikiran bawah sadar. Kalimat aktif adalah kalimat yang berorirentasi hasil dan menghindari penggunaan kata :

+ Jangan
+ Akan
+ Bukan
+ Tidak
Kata-kata diatas menghilang di pikiran bawah sadar, contoh :

“Mulai sekarang saya bukan penakut” kalimat tersebut diterima oleh pikiran bawah sadar sebagai “ Mulai sekarang saya penakut” dan inilah yang dijalankan oleh pikiran bawah sadar kita. Seharusnya kalimat tersebut dirubah menjadi “Mulai sekarang saya pemberani”.

Bayangkan saja ditengah gencarnya usaha pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan narkoba, kita bisa menemui ribuan poster, iklan dan selebaran yang dengan jelas bertuliskan “Katakan tidak pada narkoba!”. Sekarang dengan pengetahuan ini anda bisa menilai sendiri apakah kalimat tersebut merupakan bentuk larangan atau ajakan untuk memakai narkoba?

Poin ini sangat penting agar kita bisa melakukan niat baik dengan cara yang benar. Anda bisa mendapatkan berbagai skrip sugesti hypnosis di buku-buku, internet atau berbagai workshop yang ada tetapi ingatlah untuk selalu meneliti penggunaan kata jangan, akan, bukan, tidak dan mengoreksinya untuk kebaikan anda karena saat ini banyak beredar literatur yang mengabaikan prinsip penggunaan kalimat aktif.

SEKARANG
Pikiran bawah sadar mempunyai sikap kekanak-kanakan dan tergesa-gesa dalam menghadapi masalah. Pikiran bawah sadar selalu membutuhkan solusi “sekarang juga” tanpa melihat dampak solusi tersebut di masa mendatang. Untuk memudahkan penerimaan pikiran bawah sadar sebaiknya anda awali kalimat sugesti anda dengan :

Mulai sekarang dan seterusnya…
Anda sudah…
Anda sedang …

Penggunaan kata-kata di atas ditujukan agar klien merasa bahwa dirinya sedang mewujudkan suatu proses penyelesaian masalah atau bahkan sudah menyelesaikannya.

MENGUNTUNGKAN
Sudah menjadi watak manusia untuk menguntungkan dirinya dan
menghindari kerugian. Untuk itu kalimat sugesti harus membuat
klien merasa diuntungkan.

BERULANG
Sugesti yang diterima berulang-ulang tentunya menghasilkan pengaruh yang lebih kuat pada diri klien. Pengulangan sugesti yang saya maksudkan berbeda dengan pengulangan lisan tetapi pengulangan respon klien terhadap sugesti dengan teknik posthypnotik (lihat pembahasan posthypnotik). Dalam trance, kita bisa meminta klien mensugesti dirinya sendiri berulang-ulang untuk hasil maksimal.

PASTI
Kalimat sugesti harus berisi kepastian dan menimbulkan harapan nyata. Untuk menciptakan kalimat pasti yang menimbaulkan harapan nyata sebaiknya hindari penggunaan kata mungkin, seandainya, mudah-mudahan, semoga dll.

ISI SUGESTI
Pada keadaan tertentu dibutuhkan pertolongan hypnotist untuk membuat sugesti yang tepat sesuai kebutuhan klien. Tetapi klien juga bisa membuat sendiri sugestinya dan hypnotist hanya bertugas menanamkannya di pikiran bawah sadar tetapi tentu saja sugesti tersebut sudah diedit dan disesuaikan dengan konsep sugesti yang ada.

Pada awalnya mungkin anda merasa agak kesulitan membuat skrip sugesti dengan spontan tetapi dengan sering berlatih maka masalah ini bisa teratasi. Untuk tujuan berlatih anda juga bisa membaca skrip yang sudah anda buat sebelum proses hypnosis dimulai. Dengan membaca skrip tersebut diharapkan anda bisa meminimalkan kesalahan penerapan konsep sugesti.

Sugesti positif dalam hypnosis bisa membantu klien dalam mencapai suatu tujuan. Tetapi ada beberapa hal yang harus dihindari sehubungan dengan penggunaan sugesti, yaitu :

MENGHILANGKAN GEJALA MEDIS
Contoh : Menghilangkan sakit pinggang pada penderita batu ginjal tanpa penanganan medis bukanlah hal yang bijaksana. Jika klien merasa sudah sembuh hanya dengan bantuan hypnosis, maka batu ginjalnya yang belum diobati bisa semakin parah tanpa disadari olehnya.

BERTENTANGAN DENGAN NORMA
Hanya masukkan sugesti sesuai kesepakatan dengan klien. Sugesti yang kita buat juga harus sesuai dengan norma yang dianut klien. Jika sugesti yang dimasukkan bertentangan dengan norma klien maka sugesti tersebut akan ditolak oleh pikiran bawah sadar. Pada bab lain dari buku ini saya menyertakan beberapa contoh teknik pemberian sugesti untuk berbagai keperluan sedangkan kalimat sugestinya anda buat sendiri sesuai aturan sugesti.

sumber : http://magickgood.blogspot.com/2010/04/aturan-sugesti.html

0 komentar:

Posting Komentar

tulis komentarnya yah...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites