Senin, 16 Agustus 2010

Langkah-Langkah Menjadi Seorang Pesulap

Langkah-Langkah Menjadi Seorang Pesulap

Apakah Anda merasa mahir melakukan trik sulap? Apakah Anda ingin menjadi pesulap yang baik? Setelah membaca tutorial ini, Anda akan tahu bagaimana menjadi seorang pemain sulap yang sukses (Meski Anda tidak pernah mengetahui satupun trik sulap).

Langkah-langkah

1. Lihat pesulap lain melakukan sulap mereka.
Seorang masterseni tahu apa yang ingin dilihat oleh penonton, jadi perhatikanlah jenis trik dan gaya yang digunakan para pesulap modern.

2. Mempelajari beberapa sulap.
Jangan membeli set sulap untuk pemula (kecuali Anda anak kecil). Terapkan hal-hal yang telah dipelajari dari pesulap modern dan tentukan jenis aksi apa yang akan Anda praktekkan. Ada 7 jenis aksi: jalanan, jarak dekat, ruangan, panggung, melarikan diri, mentalisme dan ilusi besar.

3. Miliki trik Anda sendiri.
Tidak ada satupun orang yang ingin melihat aksi sulap yang tidak orisinil berkali-kali. Maka dari itu Anda harus punya beberapa (atau banyak) trik yang tua dan terkenal pada aksi sulap Anda (seperti cangkir dan bola). Publik mungkin akan menikmati beberapa sulap klasik, namun Anda harus menghindari beberapa trik tua tertentu seperti seperti menarik seekor kelinci dari sebuah topi (alih-alih membuatnya muncul di dalam kotak). Pikirkan ide-ide yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalkan, membuat senar-senar lenyap dari gitar. Selanjutnya, tentukan bagaimana mencapai efek pada trik tersebut. Dan pikirkan cara untuk membuatnya lebih meyakinkan. Setelah semua bagian direncanakan, mulailah berlatih trik.

4. Mengembangkan gaya pertunjukan yang unik.
Jangan mencuri gaya orang lain. Anda boleh mengambil gaya pesulap tua (meninggal) dan menempatkan sentuhan unik di dalamnya, tapi jangan pernah mengambil gaya pesulap modern. Lebih baik memiliki gaya yang unik dan melakukan trik yang pernah dilakukan sebelumnya, daripada melakukan trik Anda sendiri tapi memakai gaya orang lain.

5. Menjadikannya teratur.
Sebelum melakukan pertunjukan, pastikan untuk berlatih berkali-kali. Anda mungkin perlu tahu bagaimana ruangan, tempat Anda melakukan pertunjukan, dirancang. Jika Anda tampil di pesta di rumah teman Anda, hal ini tidak benar-benar diperlukan. Pastikan tidak ada orang di belakang Anda. Peralatan harus dibuat dengan benar. Pastikan untuk memeriksa apakah semuanya bekerja dengan baik. Dan cobalah gabungkan beberapa trik bersamaan untuk menciptakan efek baru. Misalnya, setelah Anda mengubah bola menjadi tisu, munculkan koin dari tisu, kemudian, lenyapkan koin melalui tangan Anda…

6. Buat peralatan Anda sendiri.
Jika tidak dapat membuat peralatan Anda sendiri, mintalah kepada teman untuk membuatkannya untuk Anda atau pergilah ke toko atau website sulap dan beli peralatannya. Anda juga dapat mempertimbangkan merekrut orang sebagai asisten untuk membantu melakukan trik-trik Anda. (Jika Anda sudah memberitahu banyak rahasia trik-trik sulap kepada mereka, jadi mengapa tidak membuat mereka menjadi bagian dari pertunjukan?).

7. Memakai kostum yang tepat.
Pakaian tradisional untuk pesulap adalah jaket hitam dengan rompi formal merah di dalamnya dan celana panjang hitam yang serasi dengan jaket. Jaket harus memiliki banyak kantong di dalam untuk tempat penyimpanan rahasia koin-koin, kartu, bola dan lain-lain. Sedangkan rompi harus memiliki kantong-kantong yang besar di dalamnya sehingga Anda dapat menghilangkan/memunculkan benda-benda besar, seperti piring. Dan celana harus memiliki dua saku, satu saku di setiap sisinya. Saku harus panjang dan dibuat di bawah lipatan celana. Gunakan garis dasar kostum yang sama untuk membuatnya lebih modern. Satu hal yang pasti, Anda harus berpakaian sedikit lebih baik daripada orang-orang yang akan menyaksikan pertunjukan Anda.

8. Tingkatkan fleksibilitas tangan dan jari-jari Anda.
Mulai dengan tipuan koin. Hal ini paling mudah dikuasai, namun tetap sulit dilakukan. Pelajari bagaimana menahan dan menyembunyikan koin di telapak tangan Anda. Temukan tempat di telapak tangan Anda yang paling melekat pada koin meski Anda membuka/menutup atau membalikkan tangan Anda. Kemudian, belajar menciptakan ilusi (seperti berpura-pura menaruh benda ke dalam tangan Anda yang lain saat benda tersebut masih berada di tangan Anda yang pertama). Setelah menguasai tipuan koin, Anda dapat pindah ke tipuan bola dan akhirnya, tipuan kartu.

9. Kembangkan bakat seni dan selera humor Anda.
Cobalah untuk narasikan atau menceritakan kisah dengan trik-trik Anda. Jadikan penuh humor dan lucu (kecuali gaya Anda memang serius atau misterius). Jika sulap Anda membosankan, dijamin tidak akan ada yang ingin menyaksikannya. Untuk membuat lebih menarik, masukan musik dan efek suara selama pertunjukan Anda berlangsung. Akan tetapi jangan melakukan pertunjukan hanya dengan musik saja, tanpa berbicara satu kata pun.

Tips

  • Jangan pernah mengingatkan masyarakat tentang apa yang akan Anda lakukan dalam aksi Anda (kecuali jika itu bagian dari rencana untuk menipu mereka), atau jangan melakukan trik sulap yang sama setelah melakukannya pertama kali, tidak peduli berapa banyak penonton yang memohon kepada Anda. Kecuali Anda tahu cara lain untuk melakukan trik tersebut.
  • Jangan pernah menjelaskan rahasia trik tersebut (ini adalah pembeberan dan mengganggu pesulap lainnya) kepada siapa pun hanya untuk memamerkan “kemampuan sihir gila Anda”, karena hal itu dapat menyebar dengan sangat cepat.
  • Jangan pernah melakukan trik kepada orang jika Anda belum benar-benar cukup berlatih. Anda harus menjadi ahli dalam trik-trik Anda dan mereka akan menjadi sangat mudah bagi Anda. Jika trik sulit dilakukan, janganlah bergantung pada keberuntungan Anda.
  • Jangan merasa malu jika pertunjukan Anda berantakan dihadapan publik. Jika Anda tidak bisa memperbaikinya tanpa dilihat oleh orang maka mainkan penonton Anda. Tertawalah bersama mereka seolah-olah trik memang direncanakan untuk tidak berhasil, kemudian beralih ke trik berikutnya tanpa membuat komentar pada yang terakhir.
  • Jangan berargumen dengan penonton. Jika seseorang mengeluarkan komentar negatif (misalkan, “sepertinya saya melihat koin ekstra di belakang Anda!”), jangan merasa terganggu. Hiraukan komentar tersebut dan lanjutkan trik Anda.
  • Berlatih yang banyak. Semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin baik trik Anda.
  • Berbicara yang jelas. Cobalah berbicara dengan pensil di gigi Anda untuk membantu melafalkan kata-kata Anda lebih jelas lagi.

Peringatan

  • Jangan melakukan trik jika Anda belum berlatih dengan benar. Anda harus benar-benar menguasainya saat melakukan trik tersebut.
  • Jangan mengajarkan trik hebat Anda kepada orang lain (Anda boleh mengajarkan trik-trik biasa seperti trik melenyapkan bola, tetapi bukan trik hebat dan besar Anda!).

Hal-hal yang dibutuhkan

  • Peralatan untuk setiap trik
  • Komunitas penonton untuk pertunjukannya (jumlah tidak menjadi masalah)
  • Trik-trik
  • Gaya unik
  • Bakat seni dan selera humor
  • Latihan yang cukup
  • Percaya diri
  • Senyuman

Good Luck,

sumber:http://www.triksulaphipnotis.com/langkah-langkah-menjadi-seorang-pesulap.html#more-231

0 komentar:

Poskan Komentar

tulis komentarnya yah...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites