Jumat, 06 Agustus 2010

Derren Brown's Profile

Derren Brown adalah seorang mentalist asal Inggris, dan dikenal karena kemampuannya dalam memanipulasi alam bawah sadar manusia. Jika selama ini istilah "manipulasi alam bawah sadar" selalu erat kaitannya dengan "hipnotis" atau "membuat orang lain tertidur", Derren Brown berhasil menunjukkan bahwa alam bawah sadar ternyata memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Salah satu permainan Derren Brown yang paling terkenal adalah Roussian Roullette, di mana dia harus menembakkan peluru dari sebuah pistol ke kepalanya sendiri, dengan kemungkinan 1:5, Derren bisa saja meledakkan otaknya.


Selain itu, ia mempunyai banyak acara yang didesain dengan sangat kreatif. Salah satunya adalah "Trick or Treat", di mana ia memberi dua pilihan kepada seorang korban. Treat berarti pengalaman yang menyenangkan, sedangkan "Trick" berarti pengalaman yang aneh atau menyeramkan. Pernah suatu kali Derren Brown membuat seorang korban menyaksikan kematiannya sendiri, di depan mata sang korban, dengan situasi yang disetting dengan sangat sempurna.

Dalam show-nya, Derren Brown selalu menggabungkan "suggestion, misdirection, magic skill, and showmanship" untuk menghasilkan sebuah karya seni. Ia berhasil menunjukkan metode persuasi yang sangat kuat, di mana ia menggunakan uang untuk membeli barang-barang elektronik. Ia juga sangat sering membongkar hal-hal di luar akal sehat seperti Paranormal dan pemujaan setan. Semua itu berhasil ia ungkapkan melalui metode psikologis yang sangat kuat dan sempurna.

"If they ask whether I use trick or not during my show, I will answer "Yes". The problem is, Will they ask?" (Jika mereka bertanya apakah saya menggunakan trik dalam show saya, saya akan menjawab "Ya". Masalahnya, akankah mereka bertanya?)

Inilah kata-kata Derren Brown di "Messiah", di mana ia berusaha membongkar hal-hal yang bersifat gaib. Ini menunjukkan bahwa Derren sangat yakin sugesti yang diberikannya sangat kuat sehingga orang yakin apa yang dilakukannya benar-benar nyata.

Jika anda menyaksikan show Derren Brown, terutama "Evening of Wonder", anda akan menyaksikan banyak hal yang diadaptasi oleh Romi Rafael dan Deddy Corbuzier ke panggung "The Master" atau "Master Hipnosis". Contohnya adalah sesosok monyet yang muncul di tengah show dan mencuri pisang di atas panggung,



kemampuan untuk mempengaruhi pikiran seseorang melalui benda-benda yang dilewati oleh orang tersebut di perjalanan (berjudul Subliminal Advertising, muncul di acara Master Hipnotis),

http://www.youtube.com/watch?v=f29kF1vZ62o

acara di mana seseorang bisa membedakan orang yang masih hidup dan sudah mati hanya melalui sebuah foto (The Undertaker, diadaptasi oleh Romi Rafael di panggung The Master),

http://www.youtube.com/watch?v=2U0OsSNYb0E&feature=fvsr

serta permainan catur melawan 9 Grand Master sekaligus, dengan hasil akhir yang sudah diprediksi (lebih rumit dari konsep permainan Deddy Corbuzier vs Utut Adianto di awal episode The Master).

http://www.youtube.com/watch?v=evZmpsl3jI0&feature=PlayList&p=444DFEE3888E9F29&playnext_from=PL&playnext=1&index=4

Selain mentalism dan hipnotis, Derren Brown juga menunjukkan kecintaannya pada Card Magic melalui DVD-nya yang berjudul "The Devil's Picturebooks". Dalam DVD ini, Derren memberikan tutorial cara-cara bermain sulap kartu seperti Ambitious Card dan Out of This World.

Hingga kini, Derren Brown masih menempati urutan teratas daftar pekerja misteri favorit saya. Saya berharap, kelak di Indonesia bisa muncul Derren Brown-Derren Brown baru yang lebih fenomenal.

sumber : wikumagic

0 komentar:

Posting Komentar

tulis komentarnya yah...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites